Mengenal Bushu Kanji: Cara Lebih Mudah Memahami Huruf Kanji

Mengenal Bushu dalam Huruf Kanji

Kanji sering kali menjadi momok yang paling menakutkan (hiperbola) bagi pemelajar bahasa Jepang. Rata-rata alasannya sama, yaitu karena sulit dihafal, jumlahnya terlalu banyak, ribet ditulis, cara bacanya membingungkan, dan berbagai macam alasan lainnya.

Memang, sih, semua itu memang fakta yang tidak bisa dipungkiri. Jumlah kanji memang banyak, ada 2.136 huruf kanji yang digunakan sehari-hari (常用漢字 jouyou kanji). Jumlah goresan huruf ada yang sedikit dan mudah, dan ada juga yang sangat banyak, seperti kanji 難 yang memiliki arti "sulit" (sudah seperti bentuk hurufnya saja). Belum lagi cara bacanya yang seringkali satu huruf kanji mempunyai lebih dari satu cara baca, onyomi dan kunyomi.

Tapi, apakah tidak ada cara yang memudahkan semua kesulitan itu? Pastinya ada! Dan kali ini kita akan mempelajari cara tersebut. Caranya adalah dengan menggunakan radikal atau nama lainnya adalah bushu ( 部首).

Di artikel ini akan dijelaskan tentang penggunaan bushu, jenis-jenis bushu, dan bagaimana bagaimana peran bushu dalam memudahkan pembelajaran kanji kamu.

Apa itu bushu?

Kanji sejatinya disusun dari berbagai kanji sepertihalnya building block, yang disusun hingga menjadi satu kanji. Sama seperti kata dalam bahasa yang menggunakan huruf latin terdiri dari beberapa huruf hingga menjadi satu kata.

Contohnya kata kita terdiri dari 4 huruf, k-i-t-a. Kanji juga sama seperti itu, satu kanji bisa terdiri dari satu, dua, tiga, atau lebih huruf kanji lainnya yang disusun menjadi satu huruf kanji baru.

Kanji はれ (cerah)

Kita akan gunakan kanji 晴 yang memiliki arti "cerah". Kanji ini terdiri dari dua buah kanji, yaitu kanji 日 yang berarti "matahari" atau "hari" dan kanji 青 yang berarti "biru".

Apa korelasi antara "matahari" dan "biru" hingga jika disatukan menjadi "cerah"? Dari sini kita bisa membuat cerita dari komposisi kanji tersebut.

"
Tanda dari cuaca yang cerah adalah ketika matahari terlihat dan langit berwarna biru

"

Dari bagian-bagian penyusun kanji tadi kita bisa mengetahui apa kira-kira arti dari kanjinya. Nah, bagian kecil itulah yang dinamakan dengan bushu atau juga terkadang disebut juga sebagai radikal.

Namun setiap kanji hanya mempunyai satu radikal atau bushu utama, pada hal ini, yang menjadi bushu utama pada kanji 晴 adalah 日, bukan 青. Dengan mengetahui bahwa 日 merupakan bushu, kita bisa tahu kalau kanji 晴 berkaitan dengan hari atau cuaca.

Susunan Bushu dalam Kanji 晴

Hal ini disebabkan sebuah bushu berfungsi sebagai bagian yang menunjukkan hubungan dengan artinya. Seperti contoh tadi, bushu 日 membuat kanji yang terdapat bushu itu berhubungan dengan hari, matahari, ataupun cuaca.

Contoh lainnya dari kanji yang menggunakan bushu 日 adalah kanji 明 yang berarti "terang". Kanji 明 terdiri dari kanji 日 (matahari) dan 月 (bulan).

Ada juga kanji yang hanya memiliki satu buah bushu, yaitu kanji itu sendiri. Contohnya adalah kanji 雨 yang berarti hujan. Kanji 雨 bisa berdiri sendiri dan juga bisa digunakan sebagai bushu.

Sebagaimana halnya pada kanji 雷 yang berarti "petir" terdiri dari kanji 雨 yang berarti "hujan" dan 田 yang berarti sawah". Maka jika bushu 雨 ada pada sebuah kanji, maka arti kanji tersebut akan berhubungan dengan "hujan".

Sebenarnya bushu tidak sama dengan kanji, tetapi sebagian bushu memiliki bentuk dan makna yang sama dengan sebuah kanji. Bushu ada yang memiliki arti, ada juga yang tidak. Selain itu, juga terdapat bushu yang bisa berdiri sendiri.

Bushu dan Goresan

Sebelum mengetahui tentang bushu, pemelajar kanji biasanya mengingat dan menggunakan urutan coretan kanji. Satu huruf kanji terkadang bisa terdiri dari banyak jumlah coretan, namun memori jangka pendek manusia rata-rata hanya bisa menampung 6-8 hal dalam satu waktu.

Menggunakan cara seperti itu sama dengan menggunakan memori jangka pendek, dengan menulisnya terus-menerus, dapat membuatnya masuk ke memori jangka panjang. Tetapi, metode ini terkadang untung-untungan, karena terlalu banyak coretan yang harus dihafal.

Sebagai contohnya, perhatikan contoh perbandingannya di bawah ini.

Kita masuk kecontoh pertama. Kanji di atas merupakan kanji 秋 aki yang berarti "musim gugur". Jika kamu menghafal dengan goresan satu-persatu, maka ada 9 buah goresan yang perlu dihafal. Lumayan banyak.

Sebaliknya, jika kanji tersebut dibagi berdasarkan bushu-nya, maka yang perlu dihafal hanya dua buah bushu, 禾 dan 火.

Contoh kedua adalah kanji yang lebih rumit, yaitu 湖 mizuumi yang berarti "danau". Kanji ini memiliki 12 goresan, jumlah yang banyak, sedangkan bushunya hanya ada 3, 氵, 古, dan 月.

Jika dibandingkan, 3 dan 12 itu sangat jauh, sedangkan banyak lagi kanji yang memiliki bahkan lebih dari 20 goresan.

Sudah jelas bukan, menghafal dengan bushu jauh lebih efisien dibanding menghafal goresannya satu-persatu.

Ditambah lagi, kamu bisa mempelajari metode mnemonik untuk mempermudah menghafal dan memahami huruf kanji. Nah selanjutnya kita akan bahas metode ini.

Menghafal dengan Metode Mnemonik

Pertama-tama yang harus diketahui adalah apa itu arti dari mnemonik.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, istilah mnemonik memiliki arti:

  • n Kom sandi untuk mempermudah ingatan menyusun tata olah komputer dalam bahasa rakitan
  • n Psi rumus atau ungkapan untuk membantu mengingat-ingat sesuatu; jembatan keledai
  • n Komp kata, syair, atau bantuan memori lain yang digunakan untuk mengaitkan sekelompok informasi yang kompleks atau panjang dengan sesuatu yang sederhana dan mudah diingat

Dari beberapa definisi di atas, bisa kita tarik kesimpulan bahwa metode mnemonik adalah metode yang digunakan untuk menghafal atau mengingat infomasi yang kompleks yang dipermudah dengan mengaitkannya dengan sesuatu yang sederhana.

Masih ingat tadi kita membuat cerita dari kanji 晴 yang terdiri dari kanji 日 dan 青?

Itu adalah penerapan metode mnemonik dalam menghafal bentuk huruf kanji. Dengan mengaitkan dua bushu yang sederhana, kita dapat mengetahui maksud dari kanji yang lebih kompleks.

Jika kamu bisa mengidentifikasi bushu dari satu kanji, kamu bisa menggunakannya untuk membuat suatu cerita. Cerita yang kamu buat ini akan membantu kamu untuk mengingat kembali arti dari kanji tersebut.

Ketika kamu perlu mengigat kembali cerita yang telah kamu buat, yang perlu kamu lakukan adalah melihat kembali ke bushu-bushu yang ada. Ini akan memicu cerita yang telah dibuat untuk muncul di ingatan kamu, dan kamu pun dapat mengingatnya kembali.

Kita langsung lihat contohnya yuk.

Kanji 休

Kanji 休 memiliki arti "istirahat", terdiri dari dua bushu, yaitu ⺅ (orang) di sebelah kiri dan 木 (pohon) di sebelah kanannya.

"
Seseorang bersandar di sebuah pohon rindang untuk beristirahat

"

Kanji 時

Kanji 時 memiliki arti "waktu", mempunyai dua buah bushu, 日 (matahari) dan 寺

"
Matahari digunakan oleh orang-orang di kuil sebagai penanda waktu

"

Kanji 聞

Kanji 聞 memiliki arti "mendengar", terdiri dari dua bushu, yaitu 門 (gerbang) di bagian luar dan 耳 (telinga) di bagian dalamnya.

"
Tempelkan telingamu ke gerbang, kamu akan mendengar suara yang ada dibaliknya

"

Kanji 集

Kanji 集 memiliki arti "berkumpul", bushu yang di atas adalah 隹 (burung tua) dan 木 (pohon) terletak edi bawahnya

"
Sekelompok burung tua di pohon sedang berkumpul

"

Kanji 働

Contoh kanji yang selanjutnya adalah 働 yang berarti "bekerja". Susunan dalam kanji ini adalah bushu ⺅ (orang) di kanan, 重 (berat) di tengahnya, dan 力 (kekuatan) di ujung kanan.

"
Seseorang yang memikul beban berat dengan kekuatan fisiknya berarti sedang bekerja

"

Nah, itu adalah beberapa contoh pengaplikasian metode mnemonik dalam menghafal bentuk kanji.

Kamu bisa membuat cerita sesuai dengan imajinasi kamu sendiri, sehingga kamu bisa menghafalnya dengan lebih baik.

Jika kamu ingin melihat mnemonik dari banyak kanji lainnya, kamu bisa kunjungi situs WaniKani. Di sana ada banyak cerita-cerita dari kanji untuk membantu pembelajaran kamu, namun situs ini berbahasa Inggris.

Untuk mengidentifikasi bushu apa yang terdapat dalam kanji, kamu bisa lihat daftarnya di bawah ini yang dikelompokkan berdasarkan posisinya yang telah ditetapkan.

Posisi-posisi Bushu dalam Kanji

Dalam huruf kanji, bushu utama terletak pada posisi-posisi tertentu. Berikut ini adalah posisi-posisi bushu dalam huruf kanji beserta daftarnya.

Perlu diingat, daftar di bawah ini bukanlah daftar dari semua bushu yang ada dalam bahasa Jepang.

1. Hen

Contoh Bushu Hen

Hen adalah bushu yang letaknya ada disebelah kiri kanji. Letak bushu-nya bisa dilihat seperti pada gambar di atas. Jumlah bushu hen lumayan banyak, ada sekitar 63 buah, antara lain adalah sebagai berikut.

Bagi sebagian perangkat mungkin tabel akan terpotong, miringkan layar jika tabel tidak tampil sepenuhnya

Bushu Cara Baca Arti Contoh
にんべん
(ninben)
orang 休・体・代・信・便・伝
てへん
(tehen)
tangan 持・投・捨・拾・押・折
ひへん
(hihen)
api 灯・灼・炬・炒・炸・煙
ひへん
(hihen)
hari 明・晴・時・暗・曜・暁
さんずい
(sanzui)
air 泳・油・池・海・涙・波
にすい
(nisui)
es 冷・次・决・冶・凉・况
にくづき
(nikuzuki)
daging 腕・膝・服・肌・肘・肺
きへん
(kihen)
pohon 村・植・松・校・林・機
やまへん
(yamahen)
gunung 崎・岐・屹・岬・峠・峙
たへん
(tahen)
sawah 町・畸・略・畦・略・畔
いしへん
(ishihen)
batu 確・破・砂・砕・研・硬
おんなへん
(onnahen)
wanita 嫌・好・姉・妹・娘・姫
めへん
(mehen)
mata 眼・眠・眩・瞳・眛・瞬
くちへん
(kuchihen)
mulut 叫・噛・呼・吸・味・喰
つちへん
(tsuchihen)
tanah 地・場・坂・城・塩・壊
かねへん
(kanehen)
logam 鉄・銀・針・釣・鋼・銅
いとへん
(itohen)
benang 紙・組・絵・約・級・終

ごんべん
(gonben)
ucapan 語・詩・計・記・訳・証
うまへん
(umahen)
kuda 駅・験・駆・駄・駐・駒
ぎょうにんべん
(gyouninben)
langkah 待・行・役・彼・後・復
たつへん
(tatsuhen)
berdiri 竍・竏・竓・竕・端・靖
たまへん
(tamahen)
bola 球・理・現・玩・環・珍
りっしんべん
(risshinben)
harti 忙・怖・性・悔・快・怪
しめすへん
(shimesuhen)
altar 祈・礼・神・社・福・祝
みみへん
(mimihen)
telinga 聴・取・恥・職・聡・耽
こへん
(kohen)
anak 孫・孔・孜・孤・孺・孭
はばへん
(habahen)
kain 帆・帳・幅・帽・帖・帷
ゆみへん
(yumihen)
busur 引・強・弾・張・弧・弥
けものへん
(kemonohen)
binatang
buas
猫・狼・獅・猿・独・犯
こざとへん
(kozatohen)
gundukan 院・陪・階・隅・隣・隠
がつへん
(gatsuhen)
kematian 死・残・殊・殉・殖・殆
かたへん
(katahen)
cara 旅・族・施・於・旋・旗
katahen
(かたへん)
sepotong 版・牋・牌・牒・牊・牉
しょうへん
(shouhen)
kayu
split
牀・牁・牂・牃・㸛・㸜
きばへん
(kibahen)
taring 雅・邪・鴉
うしへん
(ushihen)
sapi 物・牧・牲・特・牡・牝
しろへん
(shirohen)
putih 的・皓・皈・皎・皖・皣
ほこへん
(hokohen)
tombak 矜・務・預・矠・䂈・矠
やへん
(yahen)
panah 知・短・矯・矩・矧・䂏
のぎへん
(nogihen)
gandum 私・和・秋・秘・科・移
さかなへん
(sakanahen)
ikan 鮮・鯨・魳・魣・魬・魨
ほねへん
(honehen)
tengkorak 骸・髄・骰・骶・骼・骫
かわへん
(kawahen)
kulit 靴・鞄・勒・靪・靱・靭
しょくへん
(shokuhen)
makanan 飲・飯・飼・館・餅・飽
とりへん
(torihen)
sake 酊・酌・酎・酬・配・酖
くるまへん
(kurumahen)
mobil,
gerobak
転・軋・軌・輪・軟・軽
みへん
(mihen)
tubuh
射・躬・躰・躾・躭・躯
あしへん
(ashihen)
kaki 踊・踏・趾・距・跪・跡
あかへん
(akahen)
merah 赥・赦・赧・赩・赮・赬
まめへん
(mamehen)
kacang 豇・豉・豌・頭
たにへん
(tanihen)
lembah 卻・郤・欲・谺・谹・谽
ちへん
(chihen)
darah 衂・衃・衅・衉
ひつじへん
(hitsujihen)
domba 羏・羖・羝・羚
むじなへん
(mujinahen)
kucing,
musang
豹・豺・貅・貂・貌・貘
いのこへん
(inokohen)
babi 豛・豘・豝・豤
つのへん
(tsunohen)
tanduk 解・触・觔・觝・觖・觘
むしへん
(mushihen)
serangga 虹・蛇・蚊・蜂・蝶・螺
ふねへん
(funehen)
kapal 航・般・船・舶・舷・艇
したへん
(shitahen)
lidah 舐・乱・甜・辞
すきへん
(sukihen)
bajak 耗・耕・耙・耘・耖・耝
ほとぎへん
(hotogihen)
kendi 缸・缺・缼・缻
こめへん
(komehen)
beras 粉・粋・粒・糖・糧・精
ころもへん
(koromohen)
pakaian 被・袖・裕・複・裸・補

2. Tsukuri

Contoh Bushu Tsukuri

Tsukuri adalah bushu yang letaknya ada disebelah kanan kanji. Letak bushu-nya bisa dilihat seperti pada gambar di atas. Jumlah bushu tsukuri adalah 14 buah, tidak sebanyak bushu hen. Berikut ini adalah daftar dari bushu tsukuri.

Bagi sebagian perangkat mungkin tabel akan terpotong, miringkan layar jika tabel tidak tampil sepenuhnya

Bushu Cara Baca Arti Contoh
りっとう
(rittou)
pedang 切・刊・刑・別・刺・利
ちから
(chikara)
kekuatan 功・幼・助・動・効・劾
ふしづくり
(fushizukuri)
segel 却・卸・印・即・卯・卽
さんづくり
(sanzukuri)
rambut 形・彫・彩・影・彰・彬
けがわ
(kegawa)
kulit 皷・皸・皴・皺
おのづくり
(onozukuri)
kapak 折・新・断・所・斬・斯
とづくり
(tozukuri)
gayung 斜・斟・斛・斘
すんづくり
(sunzukuri)
matahari
(unit
pengukuran)
対・封・射・尌
ふるとり
(furutori)
burung tua 雑・難・離・碓・雄・雌
おおがい
(oogai)
cangkang
besar
願・頃・順・頑・顔・頭
るまた
(rumata)
tombak 殺・段・殷・設・殴・殻
けんづくり
(kenzukuri)
kurang 次・欧・欲・歌
ぼくづくり
(bokuzukuri)
pukul 改・攻・数・散・政・教
おおざと
(oozato)
kota 郎・都・部・郵・郡・郊

3. Kanmuri

Contoh Bushu Kanmuri

Kanmuri adalah bushu yang letaknya di bagian atas dari kanji. Secara arti, kanmuri dapat diartingan dengan mahkota, sama-sama terletak di atas. Jumlahnya ada sekitar 20 buah, berikut ini adalah diantaranya.

Bagi sebagian perangkat mungkin tabel akan terpotong, miringkan layar jika tabel tidak tampil sepenuhnya

Bushu Cara Baca Arti Contoh
あな
かんむり
(anakanmuri)
lubang 空・究・窓・突
ひとがしら
(hitogashira)
orang 食・今・会・令
わかんむり
(wakanmuri)
penutup 冠・軍・写・冗
うかんむり
(ukanmuri)
atap 安・宇・宙・実
たけ
かんむり
(take
kanmuri)
bambu 第・答・筆・笑
つめ
かんむり
(tsume
kanmuri)
kuku 愛・受・爵
あめ
かんむり
(ame
kanmuri)
hujan 雪・霧・雷・電
おい
かんむり
(oikanmuri)
lama 孝・者・老・考
なべぶた
(nabebuta)
tutup
panci
交・夜・亢・充

(me)
mata 買・罪・罠・罨
ふゆがしら
(fuyugashira)
musim
dingin
冬・夅・夆・各
はつがしら
(hatsugashira)
langkah
kaki
発・登・癸・發
けいがしら
(keigashira)
kepala
babi
彔・彖・彙・彘
ひつじ
(hitsuji)
domba 美・義・着・羞
はね
かんむり
(hane
kanmuri)
sayap 翌・習・翠・翼
かなめの
かしら
(kaname no
kashira)
barat 要・栗・票・粟
かみ
かんむり
(kami
kanmuri)
rambut 髢・髣・髪・髭
とらがしら
(toragashira)
harimau 虎・虐・虔・虚
くさかんむり
(kusakanmuri)
rumput 花・草・薬・菜
あさかんむり
(asakanmuri)
rami 麾・摩・磨・縻

4. Ashi

Contoh Bushu Ashi

Jika posisi bushu terletak di bagian bawah dari kaji, maka posisi tersebut disebut sebagai ashi. Secara arti, ashi dapat berarti kaki, sama-sama terletak di bawah. Nah, jumlah bushu ashi ini tidak terlalu banyak, hanya ada 8 buah.

Bagi sebagian perangkat mungkin tabel akan terpotong, miringkan layar jika tabel tidak tampil sepenuhnya

Bushu Cara Baca Arti Contoh
れっか/れんが
(rekka/renga)
api 無・然・熱・烈・煮
したみず
(shitamizu)
air 泰・求・滕・沗
したざら
(shitazara)
piring 盆・盗・盈・盛
したごころ
(shitagokoro)
hati 恋・意・思・忘
ひとあし
(hitoashi)
kaki 先・元・兄・光
なつあし
(natsuashi)

夏・変・夌・夋
ぐうのあし
(guunoashi)
lacak 禺・禹・离・禽
にじゅうあし
(nijuuashi)
dua
puluh
弁・异・弃・弃

5. Tare

Contoh Bushu Tare

Berbeda dengan yang sebelumnya, bushu tare mencakup dua posisi dari kanji, yaitu bagian atas dan kiri. Jumlah bushu tare lebih sedikit lagi, hanya ada 5 jenis seperti berikut.

Bagi sebagian perangkat mungkin tabel akan terpotong, miringkan layar jika tabel tidak tampil sepenuhnya

Bushu Cara Baca Arti Contoh
がんだれ
(gandare)
tebing 厄・厚・厘・原
广 まだれ
(madare)
tebing
bertitik
広・店・度・庭
やまいだれ
(yamaidare)
penyakit 疲・疫・病・痛
しかばね
(shikabane)
mayat 屋・局・居・尾
とびらのと
(tobira no to)
gerbang 扉・戻・房・扁

6. Nyou

Contoh Bushu Nyoo

Sama seperti tare, bushu nyou juga meliputi dua sisi, yaitu kanan dan bawah. Jumlah bushu yang termasuk nyou ada 5 buah.

Bagi sebagian perangkat mungkin tabel akan terpotong, miringkan layar jika tabel tidak tampil sepenuhnya

Bushu Cara Baca Arti Contoh
しんにょう
(shinnyou)
berjalan 道・込・遠・近
いんにょう
(innyou)
langkah
panjang
廷・延・建・廻
そうにょう
(sounyou)
berlari 起・超・越・赴
きにょう
(kinyou)
iblis 魅・魁・魋・魃
かわら
(kawara)
ubin 瓧・瓩・瓰・瓱

7. Kamae

Contoh Bushu Kamae

Posisi bushu yang terakhir adalah kamae. Bushu kamae adalah bushu yang mengurung bagian kanji lainnya. Untuk posisi kurungannya bisa dilihat pada gambar di atas. Oleh sebab itu, bentuk bushu kamae sangat variatif.

Bagi sebagian perangkat mungkin tabel akan terpotong, miringkan layar jika tabel tidak tampil sepenuhnya

Bushu Cara Baca Arti Contoh
くにがまえ
(kunigamae)
kandang 国・困・固・回
うけなこ
(ukebako)
wadah 凶・凸・凹・凷
まきがまえ
(makigamae)
kotak
terbalik
円・冊・同・内
ほこがまえ
(hokogamae)
bingkai
kotak
匹・巨・区・医
つつみがまえ
(tsutsumigamae)
bungkus 勾・匂・包・勿
かぜがまえ
(kazegamae)
angin  凧・凩・凪・凬
きょうがまえ
(gyougamae)
pergi 術・街・衝・衛
もんがまえ
(mongamae)
gerbang 間・問・開・閉
しきがまえ
(shikigamae)
upacara 弌・弍・弎・式
ほこがまえ
(hokogamae)
tombak 戎・戓・戒・或
气  きがまえ
(kigamae)
nafas 気・氣・氙・氛

Sebenarnya masih banyak lagi bushu-bushu yang belum didaftarkan di halaman ini, untuk daftar lengkapnya, kamu bisa mmengunjungi laman wikipedia berikut. Japanese Radicals by Frequency.


Itulah sedikit perkenalan mengenai bushu. Dengan memahami bushu, kamu dapat mempermudah pembelajaran kamu mengenai kanji sehingga menjadi lebih efisien.

Tentunya kamu harus tetap belajar dengan konsisten setiap hari agar hal-hal yang kamu pelajari tetap melekat di memori.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url

Rekomendasi Buku Belajar Bahasa Jepang

Card image

Paket Minna no Nihongo 1 Shokyu + Disk Audio

Beli di TokopediaBeli di Shopee
Card image

Paket Minna no Nihongo 2 Shokyu + Disk Audio

Beli di TokopediaBeli di Shopee
Card image

Paket Marugoto A1 Pemahaman dan Aktivitas

Beli di TokopediaBeli di Shopee
Card image

Paket Marugoto A2 Pemahaman dan Aktivitas

Beli di TokopediaBeli di Shopee
Card image

Kamus Besar Bahasa Jepang-Indonesia

Beli di TokopediaBeli di Shopee
Card image

Strategi dan Bank Soal JLPT N5-JLPT N3

Beli di TokopediaBeli di Shopee
Card image

Paket Shin Nihongo no Kiso I + Terjemahan

Beli di Shopee
Card image

Paket Shin Nihongo no Kiso II + Terjemahan

Beli di Shopee